Fungsi Surat Keterangan Kerja dan Contohnya

illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations
Fungsi Surat Keterangan Kerja dan Contohnya

Published on May 01, 2021 by handfasting

Selain resume, sertifikasi pekerjaan bisa menjadi dokumen penting. Melamar pekerjaan Selain lamaran pekerjaan Anda, surat keterangan kerja juga sama pentingnya. Sebagai surat tambahan lamaran kerja, surat keterangan kerja sangat penting.

Apa itu sertifikat surat keterangan kerja?

Surat keterangan kerja adalah salah satu surat rekomendasi dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Ini berisi deskripsi posisi Anda selama bekerja untuk perusahaan.

Surat biasanya dikeluarkan oleh departemen personalia yang memiliki kewenangan untuk menerbitkannya. Anda dapat menggunakan surat ini untuk mendaftar bekerja di perusahaan lain.

Anda dapat meyakinkan departemen perekrutan baru Anda dengan lebih mudah bila Anda memiliki sertifikasi untuk posisi Anda di perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain itu, ada banyak pekerjaan penting lainnya di balik sertifikasi pekerjaan ini.

Pekerjaan sertifikasi pekerjaan

1. Cari pekerjaan baru

Bukan rahasia lagi bahwa sertifikat kerja digunakan untuk melamar pekerjaan baru. Selain sebagai pendukung lamaran kerja, surat ini juga berfungsi untuk memberikan catatan riwayat karir Anda

Setiap pencapaian yang Anda peroleh dari perusahaan tempat Anda bekerja dapat membantu Anda mengenali pencapaian profesional Anda. Ini adalah salah satu catatan penting dalam mengembangkan karir Anda.

Namun, sertifikat pekerjaan biasanya diperoleh dari mereka yang menduduki posisi supervisor. Mengapa? Karena ini adalah panduan jalur karir Anda sebagai supervisor.

Nah, jika sudah mendapatkan ijazah kerja, Anda bisa bersiap untuk melamar pekerjaan idaman Anda. Di Glints, ada ribuan lowongan kerja yang tersedia untuk Anda, lho. Ada peluang di bidang pemasaran, penjualan, keuangan, desain, teknologi informasi, dan banyak lagi. Jadi, persiapkan dokumen Anda dan pesan sekarang!

2. Persyaratan penarikan dana BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu syarat yang harus Anda penuhi saat ingin mencabut BPJS Ketenagakerjaan adalah melampirkan surat keterangan kerja bersertifikat dari perusahaan dan fotocopynya.

Dengan melampirkan surat keterangan kerja, Anda bisa menarik 10-30 persen dana dari BPJS untuk pekerjaan yang Anda butuhkan meski Anda masih bekerja sebagai karyawan perusahaan.

3. Memberikan pinjaman ke bank

Biasanya seseorang yang ingin mendapatkan pinjaman dari bank dengan jumlah uang tertentu membutuhkan surat keterangan kerja. Sebagai syarat untuk mendapatkan persetujuan dari bank.

Pinjaman dalam bentuk kredit item tertentu memerlukan informasi bahwa Anda merupakan bagian dari perusahaan tempat Anda bekerja pada posisi tertentu yang menurut Anda akan mampu untuk melunasi pinjaman tersebut.

Biasanya pihak bank akan meminta Anda melengkapi surat keterangan kerja sebagai bentuk persyaratan bagi pelamar yang ingin mengajukan pinjaman. Ini adalah penggunaan ketiga dari sertifikat bisnis.

4. Mendaftar untuk beasiswa jalur karir

Memperoleh hibah jalur karier pada tahap pendaftaran membutuhkan sertifikat kerja valid yang dibuktikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Sertifikat pekerjaan ini adalah salah satu persyaratan yang harus berlaku setelah pendaftaran untuk jalur beasiswa karir yang ditawarkan oleh sektor swasta dan pemerintah ini.

Selain Surat Keterangan Kerja (SKK) pekerjaan, Anda perlu mengetahui contoh SKK yang benar sesuai standar yang disyaratkan untuk beberapa pekerjaan di atas.

Isi sertifikat kerja

Kop surat yang berisi nama perusahaan, alamat kantor, dan nomor telepon kantor tempat Anda bekerja. Apalagi pasti ada masalah terkait pesan tersebut. Perhatikan juga kelengkapan badan pesan, yang meliputi informasi seperti:

  • nama karyawan
  • Alamat karyawan
  • Nomor Induk Kependudukan (KTP)

Lebih lanjut, pihak pabrik atau perusahaan memperjelas bahwa memang benar karyawan yang memiliki CV tersebut adalah pekerja di perusahaan tersebut.

Surat tersebut juga memuat lamanya waktu bekerja dan posisi atau jabatan karyawan di perusahaan sebagaimana adanya. Pekerjaan yang dijelaskan adalah pekerjaan terakhir karyawan di perusahaan pada saat surat tersebut dikeluarkan.

Beri karyawan evaluasi yang diberikan oleh atasan. Bagian terakhir berisi surat lamaran untuk Sertifikat Ketenagakerjaan.

Untuk memverifikasi keaslian sertifikasi, diberikan tanda tangan dari karyawan atau pihak yang berkepentingan menjelaskan lokasi, tanggal surat dan nama jelas penandatangan.

Selain itu, jangan lupa untuk melampirkan stempel perusahaan dan sertifikasi dari perusahaan sebagai bentuk sah dari sertifikat tersebut. Pada dasarnya, bentuk atau bentuk sertifikat usaha berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Pastikan saja konten sertifikat pekerjaan berisi informasi yang dijelaskan di atas. Jangan lupa untuk melihat penjelasan bahwa Anda memang seorang pekerja di perusahaan tersebut.

Selama sertifikasi tersebut lengkap dan memiliki sertifikasi dari perusahaan, maka surat tersebut dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Contoh surat bisnis

Ini adalah pekerjaan sertifikasi pekerjaan dan contohnya. Semoga artikel ini membantu Anda.